Sabtu, 10 September 2011

Orang Tua Kaya Perbendaharaan Kata, Anak Lebih Cerdas

BeritaSanaSini - ANDA sebaiknya mempertimbangkan kembali bila Anda berpikir anak cerdas melalui pendidikan formal. Orang tua yang kaya perbendaharaan kata makan akan membuat Andak tumbuh cerdas.

Sebagai orang tua, Anda memiliki peran besar di setiap tahapan tumbuh kembang, khususnya dalam membangun fondasi kecerdasan anak. Ini bisa dimulai dengan kemampuan Anda menjalin percakapan setiap hari dengan si kecil.

Anda akan terkejut bahwa kegiatan sederhana ini akan membantu memperkaya perbendaharaan kata si kecil, mengenal dan menggunakan kata-kata baru, memberanikan diri mengungkapkan pendapatnya di depan umum serta mengasah kepekaannya terhadap sesama dan lingkungan.

Dokter Johny Sulistio, Senior Medical Advisor PT Unilever Indonesia Tbk. sekaligus ketua pelaksana program Daycare mengungkapkan bahwa pendidikan anak bukan didapat dari pendidikan formal atau akademik saja.

"Lebih dari sekadar fasilitas penitipan dan perawatan anak selama masa mudik Lebaran, Daycare memberikan banyak aktivitas dan edukasi non formal yang mendidik untuk mempersiapkan kemandirian di masa yang akan datang, menstimulasi kecerdasan intelegensia, daya imajinasi dan emosional anak," ujarnya.

Daycare ingin membuka mata orang tua tentang arti penting membangun dialog dengan buah hatinya. Di tengah kesibukan yang dijalani sehari-hari orang tua harus bisa mempergunakan momen kebersamaan dengan si kecil menjadi sebuah perbincangan yang hangat. Saat di mobil, mengantri, makan bersama, membaca, menonton TV bersama bahkan sesaat sebelum tidur.

Buat si kecil mengungkapkan pendapatnya akan topik yang disukainya seperti kegiatan sehari-hari, permainan favorit bahkan tentang teman-temannya di sekolah. Latih mereka untuk mengucapkan kata dengan benar.

Berikan komentar agar perbincangan berjalan berimbang. Selain dapat memperkokoh hubungan orang tua-anak, perbincangan yang seimbang akan membuat anak tak hanya pandai berkata-kata namun juga menjadi pendengar yang baik.

Selain program untuk anak-anak, Daycare juga menyediakan program untuk orang tua, yakni workshop ’menu seimbang balita’; talkshow ’ketika anak kecanduan games’ oleh Ibu Elly Risman sebagai narasumber; workshop ’cepat tepat mengatasi masalah’; dan talkshow ’anak tampil percaya diri di tempat umum’ bersama narasumber Becky Tumewu.(go4/RRN)

0 komentar:

Posting Komentar

Iklan Sitti

Adcorn

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India