Rabu, 14 September 2011

Barrack Obama Pernah Janjikan Kemerdekaan Bagi Palestina pada 2011

BeritaSanaSini - Direktur Eksekutif ASEAN Foundation Makarim Wibisono, mengungkapkan bahwa Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama pernah menyatakan akan mendukung berdirinya negara Palestina pada 2011. Namun kenyataannya Palestina saat ini masih berjuang untuk berdirinya negara Palestina. 


"Saat awal masuk ke dalam kantor Pemerintahan AS, Obama menyatakan, Palestina akan berdiri sebagai sebuah negara pada 2011 dan Obama berjanji akan memecahkan masalah yang dihadapi warga Palestina," ujar Makarim dalam sebuah diskusi panel yang diselenggarakan Indonesian Council of World Affair (ICWA) di Kementerian Luar Negeri RI, Rabu (14/9). 


"Obama pada saat itu bahkan mengirim utusannya George Mitchell dan Menteri Luar Negerinya Hillary untuk memfasilitasi dialog damai Palestina dan Israel," ujar Makarim menambahkan. 


 Walau berniat mendukung Palestina, namun negeri Paman Sam itu nampaknya masih sangat berat hati terhadap Israel yang sedang melakukan pembangunan pemukiman di Kota Yerusalem. Bahkan melalui sebuah rapat pada bulan Juli 2011 lalu, para pejabat AS sepakat untuk melakukan veto pada apapun upaya yang dilakukan palestina dalam meminta keanggotaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). 


Meski demikian, negara anggota Gerakan Non Blok (GNB), OKI, Liga Arab dan bahkan Uni Afrika menyatakan dukungannya terhadap Palestina untuk mendapat keanggotaan di PBB. 


Ficko Assapary  I  Taufik H Karepesina

0 komentar:

Posting Komentar

Iklan Sitti

Adcorn

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India