Kamis, 08 September 2011

Kajian Statistik Prediksi Chelsea, Barcelona, Dan Inter Milan Juara Liga

BeritaSanaSini - The Blues, Blaugrana, serta Il Biscione diperkirakan bakal merajai klasemen akhir 2011/12 di liga masing-masing.

Ingin tahu siapa yang bakal menjadi raja di akhir musim 2011/12 di liga-liga utama Eropa?

Well, bila mengacu pada kajian statistik yang dibentuk atas kerja sama CIES Football Observatory dan RunningBall, jawabannya adalah Barcelona masih akan melanjutkan dominasi mereka di La Liga Spanyol, sedangkan Chelsea (Liga Primer Inggris) dan Inter Milan (Serie A Itaia) bakal merebut titel kampiun dari tangan Manchester United dan AC Milan.

Studi tersebut juga memprediksi Bayern Munchen bakal mendongkel Borussia Dortmund dari tahta Deutscher Meister Bundesliga Jerman dan mahkota Lille di Ligue 1 Prancis beralih ke Paris Saint-Germain.

Pada percobaan pertama yang diinisiasi pada awal kampanye musim lalu, tingkat keakuratan model statistik ilmiah CIES Football Observatory dan RunningBall menyentuh angka 60 persen.

Ramalan mereka bahwa United, Barcelona, serta Lille akan menyabet kampiun di liga masing-masing terbukti jitu, meski perkiraan Bayern dan Inter juara ternyata meleset.
“Kami senang karena usaha kami menembus batas-batas il
u pengetahuan yang telah ada sebelumnya di area sepakbola profesional memberikan hasil yang sungguh menggembirakan,” tutur kepala peneliti CIES Football Observatory, Raffaele Poli.

“Kini, dengan musim 2011/12 yang telah dimulai di hampir semua lima liga top Eropa, kami sangat bersemangat untuk melihat sejauh mana model statistik kami bekerja di tahun kedua,” imbuhnya.

“RunningBall sangat senang melanjutkan kerja sama dengan CIES Football Observatory dan menggunakan teknologi dan aset data mereka demi kepentingan penelitian ilmiah,” timpal CEO RunningBall, Giancarlo Tottoli.

“Setelah lebih dari 150 tahun sejarah dunia sepakbola modern, sarana dan pengalaman kami turut berkontribusi menawarkan wawasan baru dan menarik ke dalam sepakbola yang pastinya juga akan memikat fans di seluruh dunia.”

Model yang dikembangkan dua lembaga tersebut mengusung kombinasi penelitian akademik dengan kapabilitas pengumpulan data, dan membentuk prediksi berdasarkan tiga kriteria pokok, yaitu latihan, pengalaman internasional, serta stabilitas.

Tim peneliti lantas memisahkan kategori klub yang diamati dengan tanda bintang. Tiga bintang menandakan para kandidat juara, sedangkan tim yang targetnya hanya menghindari zona degradasi dilambangkan dengan satu bintang.

Hasil studi CIES Football Observatory dan RunningBall tersebut dapat ditinjau lebih jauh di situs www.eurofootplayers.org.

0 komentar:

Posting Komentar

Iklan Sitti

Adcorn

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India