Senin, 01 Agustus 2011

Yamaha Siap Luncurkan Skutik di 2012

Jakarta - Produsen motor Yamaha siap mengeluarkan sebuah skutik baru di tahun 2012. Skutik anyar ini akan ditempatkan sebagai skutik entry level.

Namun itu tidak akan terjadi di Indonesia. Sebab Yamaha menyiapkan skutik barunya tersebut untuk pasar India yang akan dikeluarkan pada Delhi Auto Show 2012 mendatang.

Motor ini akan diproduksi di pabrik Yamaha di Surajpur plant di Uttar Pradesh dengan dana investasi 100 juta rupee atau sekitar Rp 19 miliar.

"Pasar skutik di India sangat besar dan kami ingin kuat. Sekarang kami sedang bersiap untuk meluncurkan skuter disini pada tahun 2012," ungkap CEO dan Managing Director India Yamaha Motor Pvt Ltd Hiroyuki Suzuki seperti detikOto kutip dari Economic Times.

Namun begitu, Suzuki enggan membeberkan rupa dan spesifikasi motor tersebut, lelaki yang pernah memegang operasi Yamaha di Indonesia ini hanya mengatakan bahwa motor anyar Yamaha tersebut merupakan sebuah motor yang berdesain mutahir.

Suzuki pun berharap dengan diluncurkannya produk tersebut dirinya mampu mengulang kesuksesan ketika membawa Yamaha menguasai pasar skutik di Indonesia dahulu. "Ini akan lebih terfokus sebagai komuter pribadi, dengan desain stylish dan cerdas seperti sepeda motor Yamaha yang dijual di sini," paparnya.

"Di Indonesia, market share Yamaha mencapai sekitar 46 persen, hampir mendekati Honda. Saya ingin hal itu terjadi di India," imbuhnya.

Di India, pasar skutik di 2010 naik 50,54 persen dan kini sekitar 19,6 juta unit yang masih di dominasi oleh Honda dan pemain lokal India seperti TVS dan Hero Honda. Untuk meningkatkan kapasitas agar bisa bersaing dengan lawan-lawan itulah dana investasi tadi digunakan untuk menambah produksi terutama di bagian produksi body parts.

Dengan begitu, di 2011 Yamaha memprediksi bisa memproduksi 5 juta motor. 3,5 juta motor untuk pasar India dan sisanya untuk ekspor. Naik dari perolehan tahun lalu yang berada di angka 3,8 juta unit. 2,5 juta untuk India dan 1,3 juta untuk di ekspor.

Yamaha juga mengatakan tertarik untuk meluncurkan motor listrik di negeri Bollywood tersebut untuk memenuhi permintaan yang tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar

Iklan Sitti

Adcorn

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India