Selasa, 02 Agustus 2011

Seniman Ingin Ganti Matanya dengan Kamera

BeritaSanaSini - Seorang seniman visual memiliki keinginan yang tergolong nyentrik, yakni mengganti mata prostetiknya dengan kamera. Lebih gila lagi, ia ingin matanya tersebut bisa dikontrol dengan sebuah aplikasi lewat jaringan internet nirkabel.

Seniman asal San Fransisco bernama Tanya Vlach, menginginkan sebuah sensor yang bisa merespon pada kedipan dan memungkinkan kamera ini untuk mengambil fotografi still, bisa melakukan zoom, fokus dan turn on/turn off layaknya kamera biasa. Ia juga menginginkan pupil yang sensitif terhadap perubahan cahaya.

Kemampuan untuk geo-tagging dan facial recognition alias pengenal wajah juga ia dambakan ada di teknologi tersebut.

Vlach kehilangan mata kirinya di tahun 2005 dalam sebuah kecelakaan sehingga ia terpaksa memakai mata prostetik yang tidak memiliki fungsi apa-apa di dalamnya.

Tentu saja untuk mewujudkan keinginannya itu, Vlach memerlukan dana yang tidak sedikit. Ia kini tengah berusaha mengumpulkan dana sebesar USD 15.000 dari pihak-pihak yang tertarik, khususnya dari komunitas ilmuwan.

"Keputusan untuk menanamkan kamera di mata saya seperti menanamkan sinematografer di otak. Saya merasa lebih terlibat dalam setiap momen kehidupan ini, ujar Vlach seperti yang dikutip detikINET dari DailyMail, Selasa (2/8/2011).

0 komentar:

Posting Komentar

Iklan Sitti

Adcorn

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India