Selasa, 02 Agustus 2011

Wow, Robot Terbang Seperti Burung

BeritaSanaSini - Kecanggihan teknologi memungkinkan robot meniru tingkah laku manusia ataupun binatang. Seperti halnya robot berbentuk burung ini yang benar-benar bisa terbang dengan gerakan layaknya burung sungguhan.

Para teknisi di perusahaan teknologi Jerman, Festo, mengembangkan robot yang dinamakan SmartBird. Robot ini bisa otomatis mengudara, hanya dengan mengepakkan sayapnya di awal penerbangan.

Markus Fischer selaku Head of Corporate Design Festo mempertunjukkan pada audiens mengenai kebolehan sang burung robot. Tampak dalam video, burung itu terbang dengan sempurna mengitari ruangan dan mendapatkan tepuk tangan meriah.

SmartBird terinpirasi oleh burung camar, dengan bentuk yang lebih besar. Lebar sayapnya sekitar dua meter dan rangka terbuat dari karbon fiber. Pergerakan SmartBird bisa dikontrol dan dimonitor dari jauh melalui hubungan radio.

Seperti diikutip detikINET dari Cnet, Selasa (26/7/2011), hal paling menarik dari SmartBird adalah kepakan sayap dan pergerakannya di udara bisa persis sama dengan burung asli. Inilah yang membuatnya memukau hadirin.

"Kami belajar dari burung bagaimana cara menggerakkan sayapnya, namun di sisi lain juga efisien dalam penggunaan energi," kata Markus.

0 komentar:

Posting Komentar

Iklan Sitti

Adcorn

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India