Rabu, 03 Agustus 2011

Operasikan 900 Ribu Server, Google Tetap Irit Listrik

BeritaSanaSini - Google membutuhkan sedikitnya 900 ribu server untuk melayani seluruh penggunanya. Meski demikian, raksasa internet tersebut hanya mengkonsumsi 0,01 persen listrik dari seluruh pasokan dunia.

Hal itu dikemukan oleh Jonathan Koomey, yang baru saja menuliskan hasil risetnya mengenai pemakain sumber daya listrik untuk data center.

"Data center Google hanya menggunakan 0,01% dari total listik yang ada di seluruh dunia, dan kurang dari 1% pada 2010 silam," tulis Koomey, sebagaimana dikutip detikINET dari Data center knowledge, Selasa (2/8/2011).

Google sendiri mengklaim bahwa data center yang mereka miliki memang dirancang untuk berkerja lebih efektif, misalnya saja sistem penyimpanan data yang mereka sebut Spanner.

Rancangan seperti ini membuat manajemen data lintas platform lebih cepat, hal ini sangat membantu mengingat Google memiliki banyak sekali layanan online. Selain itu Spanner juga mampu mengalokasikan data di tiap-tiap hardisk secara otomatis.

"Infrastruktur Google lebih efisien dari in-house data center lainnnya. Ini berarti, tidak hanya membuat cloud computing lebih efiesien namun juga hemat listrik," tandas Koomey

0 komentar:

Posting Komentar

Iklan Sitti

Adcorn

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India