Minggu, 02 Oktober 2011

Kontroversi Rocchi dan Nerazzurri

BeritaSanaSini - Harus diakui laga Inter vs Napoli dini hari tadi berjalan seru sejak awal. Namun semua berubah drastis tatkala wasit asal Firenze, Gianluca Rocchi memberi kartu merah untuk Joel Obi di menit ke-41.

Pengusiran Obi penuh kontroversi. Kartu kuning pertama yang diberikan sang pengadil pada Obi juga menimbulkan perdebatan. Pasalnya dalam sebuah duel perebutan bola dengan Ezequiel Lavezzi, terlihat jelas Obi merebut bola dengan bersih. Namun ia justru menerima kartu kuning.

Kartu kuning kedua juga menimbulakn perdebatan. Obi yang beradu badan dengan Christian Maggio kembali dihukum kartu kuning. Lebih kontroversi lagi karena pelanggaran di luar kotak penalti itu justru berbuah penalti untuk Napoli. Tak hanya Obi, sang pelatih, Claudio Ranieri juga diganjar kartu merah. Ranieri dihukum karena protes yang dilakukan usai peluit panjang babak pertama.

Alhasil, main dengan sepuluh orang plus buruknya kepemimpinan wasit membuat Inter tampil penuh emosi dan kehilangan konsentrasi. Sisa laga ini pun menjadi milik Napoli.

Protes keras dilayangkan kubu Inter. Tak hanya para pemain dan pelatih, presiden Masimmo Moratti juga ikut mengutuk kinerja Rocchi. "Wasit ini tidak melakukan pekerjaannya. Ini mengesalkan dan saya mengharapkan perubahan," cetus Moratti di Football Italia.

Ini bukan kali pertama Rocchi dianggap merugikan Nerazzurri. Dua musim lalu ia juga pernah menuai kritik keras dari pelatih Inter di masa itu, Jose Mourinho. The Special One ketika itu mencak-mencak dan menyebut Rocchi 'berusaha membuat Inter kalah'.

Rocchi mengkartu merah Wesley Sneijder dalam duel derby kontra AC Milan. Ketika itu Inter bahkan terpaksa main dengan sembilan orang setelah Lucio juga di kartu merah. Beruntung dalam laga itu Inter tetap bisa menang 2-0.

Well, ternyata ada fakta lain soal Rocchi dan Inter. Dalam 16 laga Nerazzurri yang dipimpin Rocchi, ia mengeluarkan tujuh kartu merah untuk pemain Inter. Rocchi tercatat juga pernah memberi kartu merah pada tiga pelatih Inter. Selain Ranieri ia juga pernah mengusir Mourinho dan Roberto Mancini.

Harus diakui memang Rocchi mempimpin pertandingan dengan sangat buruk dini hari tadi. Tak salah bila akhirnya harian terkemuka Italia, La Gazzetta dello Sport memberi nilai 3 pada Rocchi. Sebuah rating buruk yang jarang diberikan terhadap kepemimpinan wasit di lapangan.

0 komentar:

Posting Komentar

Iklan Sitti

Adcorn

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India