Sabtu, 30 Juli 2011

Waspadai Risiko Terkena Stroke Saat Hamil

BeritaSanaSini - Stroke umumnya terjadi pada orang yang sudah berusia lanjut. Tapi ternyata stroke juga bisa menyerang ibu hamil, terutama jika ia sudah memiliki pola hidup yang tidak sehat sebelumnya.

Peneliti dari Amerika Serikat menuturkan bahwa risiko stroke diantara peempuan yang hamil dan baru saja melahirkan berada pada tingkat yang cukup mengkhawatirkan, padahal sebelumnya hal ini termasuk jarang terjadi.

Kenaikan ini disebabkan oleh karena perempuan tersebut sudah memiliki faktor risiko stroke sebelum hamil, termasuk tekanan darah tinggi dan obesitas. Hal ini diungkapkan dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of the American Heart Association.

"Jika seseorang sudah relatif sehat sebelum hamil, maka risiko stroke saat hamil tidak akan terlalu tinggi," ujar Dr. Elena Kuklina dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), seperti dikutip dari AFP, Jumat (29/7/2011).

Dr Kuklina menuturkan kondisi yang ada saat ini adalah banyak perempuan yang sudah memiliki faktor risiko terhadap stroke, dan kehamilan sendiri merupakan salah satu faktor risiko. Jadi jika ia punya diabetes, hipertensi, obesitas dan penyakit jantung bawaan, maka risikonya jadi berlipat.

Sementara itu beberapa ahli menuturkan ada 3 hal penting yang membuat ibu hamil memiliki risiko terkena stroke yaitu:

  1. Peningkatan tekanan darah setelah mengembangkan preeklampsia dan eklampsia
  2. Peningkatan kecenderungan terjadinya pembekuan darah
  3. Peningkatan frekuensi dan sakit kepala migrain yang parah

Umumnya ibu hamil yang mengalami stroke lebih sulit untuk diobati, karena dikhawatirkan obat-obatan yang diberikan bisa membahayakan janin yang sedang dikandungnya. Terlebih belum banyak informasi yang ada mengenai obat stroke untuk ibu hamil.

Beberapa hal diketahui bisa membantu menghindarkan stroke selama kehamilan seperti usahakan untuk tetap aktif, menghindari stres dan sering-seringlah berkonsultasi dengan dokter untuk menghindari eklampsia atau preeklampsia.

0 komentar:

Posting Komentar

Iklan Sitti

Adcorn

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India